Senin, 12 Desember 2016

Keuntungan Penggunaan Baja Sebagai Bahan Bangunan Berkualitas

Keuntungan Penggunaan Baja Sebagai Bahan Bangunan Berkualitas




Baja adalah logam paduan, logam besi sebagai unsur dasar dengan beberapa elemen lainnya, termasuk karbon. Kandungan unsur karbon didalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Elemen berikut ini tetap ada didalam baja: karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, dan beberapa kecil oksigen, nitrogen dan aluminium. Selain itu, ada elemen lain yang ditambahkan untuk membedakan karakteristik antara beberapa tipe baja diantaranya: mangan, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium. Dengan memvariasikan persentase karbon dan unsur paduan lainnya, beraneka tipe mutu baja dapat didapatkan. Fungsi karbon didalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan menghambat dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Baja karbon ini dikenal sebagai baja hitam sebab berwarna hitam, banyak digunakan untuk peralatan pertanian seperti sabit dan cangkul


Kelebihan Baja sebagai Material Struktur
Jika kita melihat bagian bangunan sekitar kita baik berwujud jembatan, gedung, pemancar, papan iklan, dan yang lainnya bakal sependapat bahwa baja merupakan material susunan yang baik. Kelebihan dari baja dapat terlihat dari kekuatan, relatif ringan, kemudahan pemasangan, dan ciri-ciri baja lainnya. Kelebihan material baja bakal dibahas didalam paragraf berikut.

Kekuatan Tinggi
Kekuatan yang tinggi berasal dari baja per satuan berat mempunyai konsekuensi bahwa beban mati bakal kecil. Hal ini sangat perlu untuk jembatan bentang panjang, bangunan tinggi, dan bangunan dengan kondisi tanah yang buruk.

Keseragaman
Sifat baja tidak berubah banyak terhadap waktu, tidak halnya seperti pada susunan beton bertulang.

Elastisitas
Baja berperilaku mendekati kesimpulan perancang tehnik dibandingkan edngan material lain sebab baja mengikuti hukum Hooke hingga menggapai tegangan yang sangat tinggi. Momen inersia untuk penampang baja
dapat ditentukan dengan pasti dibandingkan dengan penampang beton bertulang.

Permanen
Portal baja yang mendapat perawatan baik dapat berumur sangat panjang, bahkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada kondisi khusus baja tidak perlu perawatan pengecatan sama sekali.

Untuk informasi lebih lengkap atau sekedar ingin berkonsultasi mengenai Jasa Konstruksi Besi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :
H. Wiyoso
Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar